Inilah 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah semangka. Semangka (Citrullus lanatus) merupakan tanaman yang merambat dan berasal dari daerah pada setengah gurun di benua Afrika bagian selatan. Tanaman ini juga masih sekerabat dengan buah labu-labuan, melon, serta ketimun. Semangka dapat dipanen buahnya untuk dimakan segar ataupun dapat juga untuk dibuat jus. Biji semangka yang telah dikeringkan dan disangrai dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Selain buah semangka yang memiliki rasa segar dan manis, manfaat buah semangka juga banyak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh.






Manfaat Buah Semangka

Manfaat buah semangka
  1. Mencegah asma
  2. Risiko terkena asma yang diketahui lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu. Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran dapat bermanfaat untuk mencegah asma. Termasuk buah semangka juga memiliki vitamin C.

  3. Mencegah stroke serta tekanan darah tinggi
  4. Buah semangka juga mengandung kalium yang berperan untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan karetenoid yang terkandung pada buah semangka dapat bermanfaat untuk mencegah pengerasan dinding arteri ataupun pembuluh vena, sehingga hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah.

  5. Membuat mata menjadi lebih sehat
  6. Vitamin A yang terkandung dalam buah semangka dapat bermanfaat untuk membuat mata Anda menjadi lebih sehat. Hal ini karena vitamin A dapat menyehatkan organ penglihatan mata.

  7. Mencegah sariawan
  8. Sariawan juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah semangka. Buah semangka memiliki kandungan yang banyak akan vitamin serta air. Hal inilah yang dapat mencegah munculnya sariawan. Pada dasarnya sariawan timbul akibat dari adanya bakteri yang berkembang di dalam mulut yang kering, sehingga kandungan air yang terdapat pada buah semangka dapat mengurangi bakteri yang ada di mulut.

  9. Menyehatkan organ ginjal
  10. Mengkonsumsi buah semangka dapat bermanfaat untuk meningkatkan aliran urin. Dengan lancarnya aliran urin akan berdampak pada kesehatan organ ginjal.

  11. Membuat jantung lebih sehat
  12. Buah semangka merupakan salah satu sumber likopen. Likopen berperan penting dalam menjaga kesehatan organ jantung pada tubuh.

  13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  14. Semangka merupakan sumber vitamin C. Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga hal ini dapat membuat tubuh untuk tidak mudah terserang penyakit terlebih pada saat keadaan kondisi cuaca yang kurang baik.

  15. Melindungi tubuh Anda dari sinar ultraviolet
  16. Melindungi tubuh dari sinar ultraviolet merupakan salah satu manfaat buah semangka. Hal ini karena sebagian besar komposisi dari buah semangka itu sendiri adalah air, serat, serta likopen yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Selain dapat membuat jantung menjadi lebih sehat, kandungan likopen juga dapat berperan dalam melindungi tubuh dari sinar ultraviolet.

  17. Memperkuat tulang
  18. Manfaat buah semangka juga dapat untuk memperkuat tulang yang hal ini juga dapat mencegah dari penyakit osteoporosis. Buah semangka memiliki banyak kandungan kalium. Kalium bermanfaat untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang serta sendi akan menjadi lebih sehat dan kuat.

  19. Mengurangi lemak pada tubuh
  20. Buah semangka juga kaya akan kandungan citruline yang dapat berperan untuk mengurangi lemak berlebih dalam tubuh.

Itulah 10 manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh. Buah semangka dapat bermanfaat untuk menyehatkan jantung, memperkuat tulang, membuat mata menjadi lebih sehat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

0 Response to "Inilah 10 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar