16 Cara Menambah Berat Badan yang Efektif

Cara menambah berat badan. Memiliki berat badan dan tinggi yang ideal, merupakan dambaan setiap orang. Tetapi, apabila berat badan Anda berlebih atau pun kurang, dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat melihat artikel sebelumnya mengenai cara menurunkan berat badan. Terutama pada kaum pria, wanita biasanya lebih menyukai pria yang badannya berisi dan tidak terlalu gemuk.
Cara menurunkan berat badan
Tubuh yang terlalu kurus terlihat kurang menarik. Menambah berat badan dapat dimulai dengan mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh dan dalam jumlah yang lebih dari kebutuhan, seperti mengkonsumsi makanan untuk menambah berat badan dalam konsumsi yang banyak. Anda dapat mencoba cara menambah berat badan berikut ini.






Cara Menambah Berat Badan

  1. Tingkatkan porsi makan atau makan lebih sering
  2. Cara menambah berat badan dengan meningkatkan porsi makan atau makan lebih sering
    Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak asupan untuk membentuk tubuh yang berisi. Anda juga dapat untuk makan lebih sering, misal sebelumnya makan hanya 3 kali sehari dan dalam porsi yang kecil, maka Anda bisa ditingkatkan lagi menjadi 4-5 kali.

  3. Perbanyak minum air putih
  4. Cara menambah berat badan dengan perbanyak minum air putih
    Hal yang mungkin dianggap sepele seperti minum air. Banyak orang yang tidak mementingkan minum air putih dan mereka biasanya lebih memilih untuk minum minuman yang bersoda seperti minuman suplement tubuh dan sebagainya. Padahal mengkonsumsi minuman bersoda secara tidak langsung tubuh akan rusak karena di dalam minuman bersoda terdapat zat kimia yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh. Mulai dari sekarang, biasakanlah untuk minum air putih terutama pada saat pagi hari. Semakin banyak mengkonsumsi air putih maka tubuh akan semakin sehat dan pada akhirnya proses pencernaan dalam tubuh pun membaik sehingga dapat lebih menyerap gizi makanan secara sempurna. Disarankan untuk tidak terlalu berlebih dalam mengkonsumsi air putih, cukup 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.

  5. Perbanyak konsumsi karbohidrat
  6. Cara menambah berat badan dengan perbanyak konsumsi karbohidrat
    Berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, seperti : buah-buahan, sayuran, nasi merah dan makanan yang berbahan dasar dari gandum seperti sereal dan roti. Makanan berbahan dasar gandum merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  7. Mencukupi kebutuhan protein
  8. Cara menambah berat badan dengan mencukupi kebutuhan protein
    Ilustrasi (c) Valusblog
    Sumber protein yang sehat dapat berasal dari daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan yang dapat untuk mencukupi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

  9. Kunyah makanan sampai halus
  10. Cara menambah berat badan dengan kunyah makanan sampai halus
    Mengunyah makanan sampai halus mungkin terlihat sepele. Tapi, mengunyah makanan sampai halus dapat membantu penambahan berat badan, hal ini karena dapat mempermudah tubuh dalam mencerna makanan. Apalagi makanan yang dimakan agak keras, sehingga akan sulit untuk dicerna oleh tubuh.

  11. Mencukupi kebutuhan mineral
  12. Cara menambah berat badan dengan mencukupi kebutuhan mineral
    Sumber mineral dapat diperoleh dari buah-buahan, susu, keju, sayuran, daging merah, serta kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

  13. Mencukupi kebutuhan vitamin
  14. Cara menambah berat badan dengan mencukupi kebutuhan vitamin

    Sumber vitamin dapat diperoleh dari berbagai aneka buah-buahan, seperti : stroberi yang mengandung vitamin C atau pisang yang kaya akan kandungan vitamin E.

  15. Mencukupi kebutuhan lemak
  16. Cara menambah berat badan dengan mencukupi kebutuhan lemak
    Ilustrasi (c) Timeslive
    Sumber lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6. Sumber lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan dan kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega-6 dapat diperoleh dari minyak sayur seperti kelapa, minyak biji matahari, jagung.

  17. Hindari minum sebelum makan
  18. Cara menambah berat badan dengan menghindari minum sebelum makan
    Minum air putih sebelum makan dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet, namun tidak di anjurkan untuk menambah berat badannya. Minum air sebelum makan dapat membuat perut merasa kenyang terlebih dahulu sehingga porsi makanan pun berkurang karena telah terisi oleh minuman yang diminum sebelum makan tersebut.

  19. Hindari begadang
  20. Apabila berniat untuk menambah berat badan, maka diharuskan untuk menghilangkan kebiasaan begadang, kecuali ada hal yang penting yang harus dilakukan. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup terutama pada malam hari. Pada malam hari adalah saat tubuh beristirahat setelah beraktivitas seharian. Dengan beristirahat pada malam hari, tubuh akan memulihkan kondisi dan memperbaiki fungsi organnya.

  21. Hindari kafein
  22. Anda harus berpikir ulang untuk mengkonsumsi kafein dalam menjalankan program untuk menambah berat badan. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi bertindak sebagai penahan nafsu makan. Kandungan asam dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung yang pada ada akhirnya meningkatkan resiko terjadinya sakit maag yang semakin dapat membuat tubuh mengalami kesulitan untuk makan.

  23. Berhenti merokok
  24. Cara menambah berat badan dengan berhenti merokok
    Ilustrasi (c) Dokita
    Bagi para perokok aktif, mungkin tubuh kurus disebabkan karena kebiasaan merokok. Hal ini karena rokok sama halnya dengan kafein yang membuat menjadi kurang nafsu makan dan merusak fungsi organ-organ lainnya dalam tubuh. Alangkah baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan merokok. Selain dapat membahayakan diri sendiri, merokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar bila asapnya terhirup dapat mengakibatkan asma.

  25. Perbanyak camilan
  26. Cara menambah berat badan dengan perbanyak camilan
    Camilan juga dapat berdampak baik dalam proses penambahan berat badan, terutama bagi yang kurang memiliki nafsu makan. Camilan dapat mencukupi kebutukan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

  27. Minum susu secara rutin
  28. Cara menambah berat badan dengan minum susu secara rutin
    Biasakanlah minum susu walaupun sudah beranjak dewasa. Hal ini karena susu selain sehat juga dapat menambah berat badan. Disarankan untuk minum susu 2 kali sehari. Susu termasuk penting yang harus kita konsumsi, karena termasuk kedalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna.

  29. Olahraga
  30. Cara menambah berat badan dengan olahraga
    Walaupun mengkonsumsi banyak makanan sehat dan melakukan semua cara untuk menambah berat badan, namun jarang berolahraga, maka usaha yang telah dilakukan pun bisa terbilang sia- sia. Semua cara menambah berat badan harus perlu diimbangi dengan aktivitas olahraga secara teratur. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti bersepeda ataupun push up.

  31. Penyakit tertentu
  32. Cara menambah berat badan dengan mengatasi penyakit tertentu
    Penyakit tertentu seperti : TBC, asma, diabetes, gangguan hormon tiroid, penyakit pada saluran pencernaan, kanker, dan sebagainya dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam meningkatkan berat badan bahkan pada kondisi tertentu justru berat badan akan semakin itu. Oleh karena itu, perlunya koordinasi antara dokter dengan pasien untuk mengatasi penyebab penyakit yang mendasari ini dan sangat penting untuk dilakukan.

Itulah 16 cara menambah berat badan yang dapat Anda lakukan. Jika cara diatas sudah Anda coba namun tidak ada hasil yang positif, maka teruslah berusaha dan syukuri apa yang ada dalam diri Anda. Tubuh kurus bukan berarti tidak bagus, masih ada banyak potensi lain dalam diri yang dapat di gali sehingga dapat menunjukkan betapa istimewanya Anda kepada orang lain.

0 Response to "16 Cara Menambah Berat Badan yang Efektif"

Posting Komentar