Inilah 5 Gejala Kolesterol

Gejala kolesterol. Mengetahui kadar suatu kolesterol yang terkandung dalam darah merupakan hal yang penting. Hal ini karena hal tersebut merupakan salah satu upaya mencegah datangnya penyakit seperti penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Pemeriksaan bisa dilakukan melalui tes darah di laboratorium.

Pemeriksaan sederhana dapat memberitahukan angka kolesterol total, sedangkan untuk pemeriksaan yang kompleks yang dapat mendapatkan informasi tambahan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, HDL atau kolesterol baik, serta trigliserida. Pemeriksaan kadar kolesterol memang seharusnya dilakukan secara berkala agar tetap memantau kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Terdapat tanda-tanda fisik atau gejala kolesterol yang dapat Anda amati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol dalam darah. Menurut Dokter Aulia Sani, ada beberapa gejala-gejala yang dapat mengindikasikan seberapa tingginya kadar suatu kolesterol tersebut. Sebelumnya telah dibahas tips cara menurunkan kadar kolesterol. Berikut gejala kolesterol.






Gejala Kolesterol

Gejala kolesterol

  1. Tangan dan kaki sering pegal-pegal
  2. Tangan dan kaki sering pegal-pegal merupakan salah satu gejala kolesterol. Pembuluh darah yang terdapat di kaki dan tangan dapat tersumbat yang diakibatkan penumpukan kolesterol. Penumpukan ini pada umumnya terjadi secara terus-menerus yang dapat membuat tangan dan kaki terasa pegal.

  3. Dada sebelah kiri terasa nyeri
  4. Dada sebelah kiri berkaitan dengan jantung yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Penyumbatan pembuluh darah yang terdapat di sekitar jantung dapat menyebabkan rasa nyeri seperti rasa tertusuk. Rasa nyeri ini bahkan bisa menjalar hingga ke bagian leher. Nyeri dada dapat menjadi sebuah tanda-tanda terjadinya serangan jantung dan salah satu gejala kolesterol. Kondisi ini dapat menjadi sebuah tanda bahwa kadar kolesterol yang terkandung dalam darah terlalu tinggi.

  5. Sering kesemutan
  6. Kesemutan di bagian tangan dan kaki adalah implikasi dari ketidaklancaran aliran darah di bagian tubuh pada area tertentu. Kesemutan berkaitan dengan saraf yang tidak mendapatkan aliran darah. Hal ini karena aliran darah tersebut akan menjadi kental akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.

  7. Sering pusing yang terjadi pada kepala bagian belakang
  8. Pusing di bagian belakang kepala salah satunya dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di area sekitar kepala. Penyumbatan ini dapat terjadi apabila kolesterol mulai membentuk plak di pembuluh darah. Apabila hal ini dibiarkan, maka pembuluh darah akan pecah dan mengakibatkan stroke.

  9. Tengkuk serta pundak terasa pegal
  10. Tengkuk serta pundak yang terasa pegal merupakan salah satu gejala kolesterol. Hal ini karena terjadinya suatu implikasi dari ketidaklancaran aliran darah pada area tengkuk dan pundak ersebut. Ketidaklancaran darah dapat diakibatkan karena penyumbatan pembuluh darah akibat dari kadar tingginya kolesterol.

Itulah 5 hal yang merupakan gejala kolesterol. Mulailah hidup sehat seperti banyak olahraga dan sebagainya yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

0 Response to "Inilah 5 Gejala Kolesterol"

Posting Komentar