Pengertian, Fungsi, dan Sumber Vitamin A

Pengertian Vitamin A Pengertian vitamin A. Retinol atau yang lebih di kenal dengan nama vitamin A, merupakan vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata atau indra penglihatan di malam hari. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan penyakit indra penglihatan seperti katarak, rabun senja, dan sebagainya.

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang aktif dan dapat larut dalam lemak yang kemudian disimpan dalam hati. Ada juga vitamin yang dapat melawan kanker, yaitu vitamin C. Vitamin A terdiri dari 2 bentuk : vitamin A pra-bentuk dan Pro-vitamin A. Vitamin A pra-bentuk terbagi menjadi 4 lagi, antara lain : retinol, retinal, ester retinil dan asam retinoat. Sedangkan pro-vitamin A dikenal sebagai beta karoten. Pengertian vitamin A menurut wikipedia : vitamin A. Itulah pengertian vitamin A.

Pengertian, Fungsi, dan Sumber Vitamin A Fungsi Vitamin A

Fungsi vitamin A diperlukan dalam pembentukan pigmen pada mata yang berfungsi untuk penglihatan terutma pada malam hari dan pada kondisi yang pencahayaannya kurang.Fungis vitamin A selain berfungsi sebagai menjaga kesehatan indra penglihatan, fungsi vitamin A juga dapat membantu tulang agar tetap sehat, gigi, memelihara kulit, dan memelihara selaput lendir pada hidung. Selain itu, fungsi vitamin A juga diperlukan bagi pengembangan janin di dalam rahim dengan benar.






Sumber Vitamin A

Sumber vitamin A banyak dijumpai dalam bentuk baik beta karoten sebagai ester dari vitamin A dan vitamin A yang bebas. Pengertian beta karoten menurut wikipedia : Beta Karoten

Sumber vitamin A nabati antara lain : 

Sumber vitamin A nabati : apel, bakung, bayam, sukun, buah negeri, bayam merah, daun genjer, rumput laut, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjang, terong hintalo, gandum, kacang panjang, kacang ercis, kacang merah, mangga, kankung, kol cina, ubi kuning, ubi jalar merah, ubi rambat merah, labu kuning, pisang, gandaria, pak soy, putri malu, pepaya, ranti muda, sawi, semanggi, dan wortel.

Sumber vitamin A hewani antara lain : 

Sumber vitamin A hewani : hati, susu, telur, berbagai jenis ikan (sarden, malugis, cakalang, kima, gabus, titang, kawalinya, baronang, lehoma,  rajungan, sunu, dan tongkol)

Kekurangan dan kelebihan vitamin A

Tentunya kekurangan maupun kelebihan itu tidak baik. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan penyakit-penyakit seperti : katarak, rabun senja, penurunan daya tahan tubuh, dan infeksi saluran pernafasa. Sedangkan kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunan, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, pusing-pusing, dan pingsan.

Baca juga artikel mengenai pengertian, fungsi, dan sumber dari protein : pengertian dan fungsi protein. Itulah pengertian vitamin A, fungsi vitamin A, dan sumber vitamin A nabati maupun hewani. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian, Fungsi, dan Sumber Vitamin A"

Posting Komentar