Inilah 12 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat tomat. Tomat atau Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum termasuk tumbuhan dari keluarga Solanaceae, yang tumbuhan ini juga merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Tomat ini sendiri merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, yang dapat tumbuh setinggi 1 - 3 meter

Tomat merupakan buah yang identik dengan warna merah menyala. Tomat dapat dimakan secara langsung ataupun ditambahkan pada masakan favorit. Tomat termasuk jenis buah-buahan dan buah tersebut mengandung berbagai nutrisi yang tentunya diperlukan oleh tubuh.

Buah tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, B6, folat, kalium thiamin, fosfor, niacin, magnesium, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori ataupun kolesterol. Hal ini yang membuat tomat menjadi buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini manfaat tomat.






Manfaat Tomat

Manfaat tomat
  1. Menjaga kesehatan kulit
  2. Tomat dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan tetap indah. Beta-karoten yang terkandung dalam tomat dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Tomat juga mengandung likopen, di mana senyawa likopen dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan karena sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan adanya kerutan pada kulit.

  3. Mengatasi jerawat
  4. Manfaat tomat salah satunya dapat untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan buah tomat mengandung vitamin A, C, serta vitamin K yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

  5. Menjaga tulang tetap kuat
  6. Vitamin K serta kalsium yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Likopen yang terkandung dalam tomat juga diketahui dapat membantu untuk meningkatkan massa tulang yang pada akhirnya dapat mencegah osteoporosis.

  7. Melancarkan sistem pencernaan
  8. Salah satu manfaat tomat yaitu tomat merupakan sumber serat yang tentunya diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah tomat, maka sistem pencernaan akan tetap sehat dan lancar.

  9. Mencegah diabetes
  10. Manfaat tomat dapat untuk mencegah diabetes. Hal ini karena kandungan kromium yang terdapat dalam buah tomat mampu untuk dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Sehingga akan lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan.

  11. Membantu melawan kanker
  12. Kandungan likopen dalam tomat dinilai dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker termasuk diantaranya : kanker prostat, serviks, faring, lambung, tenggorokan, mulut, kerongkongan, dubur, usus besar, dan kanker ovarium. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C serta antioksidan yang berperan penting dalam melawan serangan radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel.

  13. Menyehatkan rambut
  14. Tomat merupakan sumber vitamin A yang mampu untuk dapat menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung sampai akarnya.

  15. Mempertajam penglihatan
  16. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mampu untuk mempertajam daya lihat organ mata seseorang terhadap benda di sekitarnya.

  17. Mencegah batu ginjal
  18. Tomat dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal serta batu empedu dalam tubuh. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa batu ginjal serta batu empedu jarang ditemukan pada orang yang rutin mengkonsumsi buah tomat tanpa bijinya.

  19. Membantu menurunkan berat badan
  20. Libatkanlah tomat ke dalam menu makanan harian, apabila sedang menjalankan program diet. Hal ini karena tomat mengandung banyak air serta serat yang dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal inilah yang membuat buah tomat dapat ikut membantu dalam menjalankan program diet unuk menurunkan berat badan.

  21. Meredakan peradangan
  22. Manfaat tomat juga dapat untuk meredakan peradangan. Penyakit yang berkaitan dengan peradangan seperti artritis atau nyeri punggung, mengkonsumsi buah tomat secara teratur dapat menjadi salah satu solusinya. Tomat sudah dipercaya dapat membantu meredakan rasa nyeri atau sakit yang sedang di alami. Hal ini dikarenakan buah tomat kaya akan bioflavonoid dan karotenoid yang merupakan agen anti-inflamasi.

  23. Meningkatkan nafsu makan
  24. Dengan mengkonsumsi jus tomat 1 jam sebelum makan dan setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan pada si anak yang mengalami susah makan.

Itulah 12 manfaat tomat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi tomat setiap hari dapat menyehatkan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi tomat sebagai camilan sehat atau penambah pada menu makanan, seperti salad, sup, dan sebagainya.

0 Response to "Inilah 12 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar