Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, Sumber Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu dari berbagai macam senyawa organik yang sangat melimpah di bumi. Pengertian karbohidrat terdiri atas karbon, oksigen, dan hidrogen. Fungsi karbohidrat sangat beragam dan sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Fungsi karbohidrat bagi makhluk hidup salah satunya sebagai sumber bahan bakar.

Bagi tumbuhan yang pada saat proses fotosintesis dapat mengubah dari karbondioksida menjadi karbohidrat. Karbohidrat tersebut memiliki kandungan gugus fungsi karbonil dan gugus hidroksil. Istilah dari karbohidrat pada awalnya digunakan pada golongan-golongan senyawa yang mempunyai rumus (CH2O)n.

Pengertian Karbohidrat
Bentuk molekul dari karbohidrat yang paling sederhana yang terdiri atas satu molekul gula sederhana yang disebut monosakarida. Banyak dari karbohidrat yang merupakan polimer dan tersusun dari molekul-molekul gula yang terangkai menjadi sebuah rantai yang panjang dan rantai tersebut dapat bercabang-cabang, disebut polisakarida. Selain monosakarida dan juga polisakarida, terdapat yang lainnya yaitu disakarida (merupakan rangkaian 2 monosakarida) serta oligosakarida (merupakan rangkaian dari beberapa monosakarida).

Klasifikasi Karbohidrat

  1. Monosakarida
  2. Monosakarida ialah karbohidrat yang paling sederhana, hal ini karena molekulnya terdiri dari beberapa atom C saja serta tidak dapat untuk diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat-karbohidrat yang lainnya. Monosakarida dapat dibedakan menjadi aldosa dan ketosa.
  3. Disakarida dan oligosakarida
  4. Disakarida ialah karbohidrat yang terbentuk dari 2 molekul monosakarida yang berikatan dengan melalui gugus -OH dengan cara melepaskan molekul air. Contoh : maltosa, laktosa, dan sukrosa. Oligosakarida merupakan suatu polimer derajat polimerisasi 2 hingga 10 serta pada umumnya bersifat larut dalam air. Oligosakarida apabila terdiri atas 2 molekul disebut disakarida, dan apabila terdiri atas 3 molekul disebut triosa. Sukrosa terdiri atas molekul fruktosa dan glukosa, maltosa terdiri atas 2 molekul glukosa, serta laktosa terdiri atas molekul galaktosa dan glukosa. Polisakarida adalah polimer dari beberapa molekul monosakarida yang dapat untuk berantai lurus atau bercabang serta dapat dihidrolisis dengan beberapa enzim yang cara kerjanya spesifik.
    Klasifikasi Karbohidrat
  5. Polisakarida
  6. Polisakarida adalah karbohidrat yang terbentuk dari sakarida yang jumlahnya banyak sebagai monomernya. Rumus umum dari polisakarida yaitu C6(H10O5)n. Contoh : amilum, glikogen, dan selulosa.







Fungsi Karbohidrat

Fungsi Karbohidrat
Terdapat beberapa fungsi karbohidrat yang sangat penting bagi makhluk hidup, antara lain :

1) Fungsi karbohidrat sebagai sumber energi utamaa. Karbohidrat merupakan sumbr energi yang penting diperlukan seperti glukosa dan tidak dapat digantikan oleh berbagai sumber energi yang lainnya.
2) Memiliki peran penting dalam proses metanbolisme, dapat menjaga keseimbangan antara asam dan basa tubuh, membantu sebagai pembentuk struktur sel, jaringan, serta berbagai organ tubuh.
3) Karbohidrat berperan dalam proses pencernaan makanan.
4) Membantu dalam penyerapan kalsium.
5) Merupakan pembentuk senyawa-senyawa lainnya.
6) Karbohidrat adalah komponen penyusun gen yang terdapat dalam inti sel dan sangat penting dalam pewarisan sifat.
7) Membantu dalam berlangsungnya proses BAB (buang air besar). Hal ini karena selulosa merupakan polisakarida yang sulit untuk dapat dicerna, namun keberadaannya sangat bermanfaat guna mencegah terjadinya konstipasi.

Sumber Karbohidrat

Sumber Karbohidrat
Karbohidrat dapat ditemukan diberbagai makanan, berikut beberapa sumber karbohidrat :
  • Putih telur
  • Kentang
  • Biji-bijian
  • Jagung
  • Singkong
  • Roti
  • Pasta
  • Berbagai produk olahan susu
  • Oatmeal
  • Buah-buahan segar
  • Ubi jalar
  • Kacang-kacangan
  • Beras merah
  • Sagu


Itulah artikel tentang pengertian karbohidrat, sumber karbohidrat, dan fungsi karbohidrat. Keberadaan karbohidrat sangatlah penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pengertian karbohidrat yang merupakan salah satu dari berbagai macam senyawa organik yang sangat melimpah di bumi. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk tidak berlebihan dan kekurangan dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat. Langkah baiknya yaitu dengan menjaga asupan karbohidrat tetap seimbang.

Referensi :
http://woocara.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, Sumber Karbohidrat"

Posting Komentar