Inilah 23 Manfaat Jeruk Nipis Yang Menakjubkan

Manfaat jeruk nipis. Jeruk nipis adalah salah satu varian dari buah jeruk. Buah jeruk nipis ini tentunya memiliki berbagai karakteristik yang berbeda dari buah jeruk yang lainnya. Bentuk fisik buah ini yang relatif kecil serta memiliki kulit yang berwarna hijau tua. Rasa jeruk nipis sangatlah asam.

Namun, buah ini juga memiliki banyak manfaatnya. Banyak yang memanfaatkan jeruk nipis untuk digunakan sebagai bahan dari produk kosmetik, pasta gigi, dan sebagainya. Berikut manfaat jeruk nipis.




Manfaat jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis

  1. Solusi pencegah diabetes
  2. Manfaat jeruk nipis sebagai solusi pencegah diabetes
    Jeruk nipis memiliki kandungan yang kaya akan serat larut. Serat larut bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam darah. Sehingga hal ini tidak akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.

  3. Membantu proses pengosongan lambung
  4. Manfaat jeruk nipis yang dapat membantu proses pengosongan lambung
    Hal ini karena jeruk nipis tersebut memiliki kandungan polisakarida non-pati, yang disebut juga sebagai serat makanan. Jeruk nipis dapat berfungsi untuk mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama, serta dapat menurunkan kadar kolesterol.

  5. Obat ambeien
  6. Manfaat jeruk nipis sebagai obat ambeien
    Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis dan kemudian cuci hingga bersih. Rebus dengan air sebanyak 1 liter dan selama kurang lebih 1/2 jam, lalu disaring. Minum selagi masih hangat sebanyak 3 kali sehari.

  7. Menghilangkan noda hitam
  8. Manfaat jeruk nipis yang dapat menghilangkan noda hitam
    Pertama, jeruk nipis digosok secara lembut pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Kemudian lakukan cara ini secara rutin.

  9. Obat batuk
  10. Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk
    Siapkan terlebih dahulu 1 atau 2 buah jeruk nipis yang berukuran sedang, cuci bersih, kemudian peras, lalu campurkan dengan 1 sendok madu serta campurkan dengan sedikit garam. Aduk bersamaan dengan perasan air jeruk nipis dan minum 2-3 kali sehari.

  11. Menyembuhkan jerawat
  12. Manfaat jeruk nipis yang dapat menyembuhkan jerawat
    Iris jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu irisan tersebut digosokkan dibagian kulit wajah yang terdapat jerawat maupun tidak (hal ini untuk untuk mencegah munculnya jerawat). Lakukan secara rutin.

  13. Menurunkan berat badan
  14. Manfaat jeruk nipis yang dapat menurunkan berat badan
    Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat, hal ini manfaat jeruk nipis juga berfungsi dalam membantu membakar lemak dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi minumam hangat yang berasal dari air perasan jeruk nipis setiap hari.

  15. Memutihkan dan menghaluskan kulit
  16. Manfaat jeruk nipis yang dapat memutihkan dan menghaluskan kulit
    Campurkan air perasan jeruk nipis dengan putih telur dan kemudian oleskan pada sekitar wajah. Biarkan hingga mengering, setelah ketika sudah sekitar antara 20-30 menit, basuhlah dengan menggunakan air dingin.

  17. Obat demam atau flu
  18. Manfaat jeruk nipis sebagai obat demam atau flu
    Siapkan terlebih dahulu 1 jeruk nipis yang sudah dicuci bersih. Kemudian peras jeruk nipis tersebut. Lalu tambahkan 2 siung bawang merah serta 1 sendok minyak kelapa dan oleskan pada kening.

  19. Meningkatkan daya tahan tubuh
  20. Manfaat jeruk nipis yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh
    Kandungan vitamin C yang tedapat pada buah jeruk nipis dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit. Dengan kekebalan tubuh meningkat, makan dapat menjaga serta melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

  21. Menyehatkan organ mata
  22. Manfaat jeruk nipis yang dapat menyehatkan organ mata
    Jeruk nipis diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini dapat bertindak sebagai antiioksidan alami yang mampu berperan dalam melindungi fungsi mata serta penurunan penglihatan dimasa tua.

  23. Obat sakit gigi
  24. Manfaat jeruk nipis sebagai obat sakit gigi
    Campurkan air perasan jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam, gilingan legetan warak yang masing–masing 1 sendok makan. Lalu tambahkan dengan ¾ air garam ke dalam cangkir, kemudian aduk hingga tercampur sampai rata. Gunakan air saringan dari campuran tersebut yang digunakan untuk berkumur, lakukan sampai beberapa menit lalu buang. Lakukan 3-5 kali sehari.

  25. Meningkatkan kinerja pencernaan
  26. Manfaat jeruk nipis yang dapat meningkatkan kinerja pencernaan
    Mengkonsumsi jeruk nipis yang sebelumnya sudah dicampurkan pada segelas air yang masih hangat dapat memberikan dampak baik pada proses pencernaan. Hal ini karena dapat merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh.

  27. Menghambat penuaan
  28. Manfaat jeruk nipis yang dapat menghambat penuaan
    Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis membirikan manfaat jeruk nipis yang dapat bertindak untuk melawan serangan radikal bebas yang berbahaya yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Mengkonsumsi segelas jeruk nipis hangat dapat membantu dalam mengatasi masalah tersebut.

  29. Obat amandel
  30. Manfaat jeruk nipis sebagai obat amandel
    Siapkan kulit jeruk nipis sebanyak 3 biji, kemudian dicuci dan dipotong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersebut menjadi tersisa 3/4, lalu saring. Air tersebutlah yang akan dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali sehari.

  31. Menyembuhkan radang tenggorokan
  32. Manfaat jeruk nipis yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan
    Caranya, potong terlebih dahulu 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasan tersebut dengan 1/2 cangkir air yang panas, kemudian tambahkan dengan 1 sendok makan madu sambil diaduk secara merata. Selagi air masih dalam keadaan hangat, gunakan air tersebut untuk berkumur selama 2-3 menit.

  33. Melebatkan rambut

  34. Siapkan 1 butir kuning telur ayam kampung lalu dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, kemudian dipijit-pijit sampai merata, lalu biarkan selama 2 jam dan baru dibilas dengan menggunakan sampo merang agar rambut akan menjadi mengkilap dan lebat. Sampo merang dapat dibuat dari 1 ikat merang, kemudian dibakar sampai menjadi arang (bukan abu), rendam dalam air serta biarkan semalaman. Saring dan sampo merang siap digunakan untuk keramas.

    Manfaat jeruk nipis yang dapat melebatkan rambut
  35. Mengobati batu ginjal

  36. Manfaat jeruk nipis yang dapat mengobati batu ginjal
    2 butir air perasan jeruk nipis kemudian diencerkan dengan 2 gelas air hangat. Minum setelah makan malam. Lakukan kurang lebih selama 10 hari.

  37. Menghentikan kebiasaan merokok

  38. Manfaat jeruk nipis yang dapat menghentikan kebiasaan merokok
    Iris terlebih dahulu 1 jeruk nipis, kemudian isap lalu minum air putih. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

  39. Obat vertigo

  40. Manfaat jeruk nipis sebagai obat vertigo
    Ambil sekitar setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Kemudian lalu tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Kemudian gosokkan ke tengkuk, pelipis, serta di dahi. Lakukan 2 kali sehari.


  41. Mengatasi bau badan

  42. Manfaat jeruk nipis yang dapat mengatasi bau badan
    Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu olesi bagian irisan tersebut dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan pada ketiak pada saat setelah mandi. Biarkan selama 5 menit kemudian bilas, lakukan cara manfaat jeruk nipis untuk mengatasi bau badan ini pada saat pagi dan sore hari.


  43. Menurunkan tekanan darah tinggi
  44. Manfaat jeruk nipis yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi
    Sediakan setidaknya sekitar 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci kuntum bunga dan daun jeruk nipis sampai bersih, lalu tambahkan dengan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga airnya tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, lalu saring. Air saringannya tersebut diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Alangkah baiknya minum ramuan ini ditambahkan dengan sedikit madu.


  45. Mencegah rambut rontok

  46. Manfaat jeruk nipis yang dapat mencegah rambut rontok
    2 jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi 3 bagian, oleskan pada kulit kepala hingga merata. Bungkus kepala dengan menggunakan handuk sampai semalaman dan keramas pada keesokan harinya. Lakukan cara ini 3 kali seminggu.
Itulah 23 manfaat jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis antara lain dapat mencegah rambut rontok, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, mengatasi bau badan, melebatkan rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

0 Response to "Inilah 23 Manfaat Jeruk Nipis Yang Menakjubkan"

Posting Komentar