Apa Penyebab Katarak? Bagimana Gejalanya?

Apa Penyebab Katarak? Bagimana Gejalanya? Katarak adalah sejenis kerusakan yang terjadi pada mata yang menyebabkan lensa mata berselaput atau rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya yang masuk tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatan katarak tersebut dari sedikit sampai keburaman total dan dapat menghalangi masuknya jalan cahaya. Baca juga artikel mengenai cara push up yang benar dan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh.
Penyebab Katarak dan Gejala Katarak
Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan namun dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang berpotensi membutakan apabila tidak segera diobati. Kondisi ini biasanya memengaruhi pada kedua mata, tapi hampir selalu terjadi satu mata yang dipengaruhi lebih awal dari yang lain. Apa gejala katarak? Berikut penjelasan mengenai gejala dari mata katarak.

Gejala Katarak

Katarak biasanya terjadi secara perlahan-laha  dan tidak menyebabkan rasa sakit pada mata. Pada tahap awal kondisi ini hanya mempengaruhi sebagian kecil dari lensa mata dan mungkin tidak akan mempengaruhi pandangan mata. Saat katarak menjadi tumbuh lebih besar dari tahap awal maka noda putih akan mulai menutupi lensa mata dan dapat mengganggu masuknya jalan cahaya ke mata. Pada akhirnya pandangan mata menjadi kabur dan mengalami distorsi.

Tanda maupun gejala katarak antara lain :
  1. Pandangan mata menjadi kabur ataupun buram, seperti ada bayangan awan ataupun asap. 
  2. Sulit melihat pada malam hari.
  3. Sensitif terhadap cahaya.
  4. Terdapat lingkaran cahaya pada mata saat memandang sinar.
  5. Membutuhkan cahaya terang untuk membaca ataupun ketika beraktifitas.
  6. Sering mengganti kacamata ataupun lensa kontak.
  7. Warna memudar atau menguning saat melihat.
Itulah gejala dari penyakit mata katarak. Apakah yang menjadi penyebab katarak tersebut? Berikut adalah penjelasan penyebab katarak.






Penyebab Katarak

Katarak tidak hanya menyerang pada usia lanjut saja. Namun, katarak dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Berikut adalah penyebab katarak :
  1. Faktor keturunan. 
  2. Cacat bawaan sejak ketika lahir. 
  3. Masalah kesehatan, misalnya penyakit diabetes. 
  4. Penggunaan obat atau obat tetes mata tertentu, khususnya steroid. 
  5. Mata tanpa pelindung yang terkena sinar matahari dalam waktu cukup lama. 
  6. Sebelumnya pernah melakukan operasi pada mata.
  7. Trauma atau pernah kecelakaan yang menyerang pada bagian mata. 
  8. Faktor lainya yang belum diketahui.
Itulah beberapa gejala katarak. jaga selalu kesehatan mata Anda. Dengan mengetahui penyebab katarak tersebut, diharapkan bisa menjadikan agar kita selalu berhati-hati sebelum terkena penyakit katarak.

0 Response to "Apa Penyebab Katarak? Bagimana Gejalanya?"

Posting Komentar